Riset: Islam Tumbuh Paling Cepat dan Akan Menjadi Agama Terbesar tahun 2070

0

Islam adalah satu-satunya agama yang tumbuh paling cepat di dunia dan akan menjadi agama terbesar di dunia pada 2070. Demikian menurut laporan lembaga penelitian di AS, Pew Research Centre.

Dikutip dari harian The Telegraph, Rabu (01/03), Pew menganalisa perubahan demografis antar agama-agama besar dunia. Dari situ ditemukan bahwa pertumbuhan dunia Muslim sebesar 73 persen antara tahun 2010 dan 2050, dibandingkan Kristen yang hanya 35 persen.

“Umat Islam akan menempati 10 persen dari penduduk Eropa,” kata lembaga itu.

Menurut Pew, pada tahun 2010 terdapat 1,6 miliar Muslim di dunia, dan 2,17 miliar Kristen. Pada tahun 2050, akan terdapat 2,76 miliar Muslim dan 2,92 miliar Kristen. Jika pertumbuhan kedua agama terus meningkat, Islam akan memiliki jumlah yang lebih besar dari penganut Kristen pada 2070.

“Para Ateis akan menurun dari 16,4 persen dari populasi dunia menjadi 13,2 persen pada tahun 2050. Meskipun mengalami pertumbuhan di Eropa dan Amerika Utara,” imbuh lembaga itu.

Perubahan tersebut sebagian disebabkan oleh berbagai hal. Di antaranya tingkat kelahiran yang dimiliki masing-masing agama memiliki. Muslim menjadi yang tertinggi dengan rata-rata 3,1 anak per wanita, diikuti oleh penganut Kristen sebesar 2,7 anak per wanita.

Islam juga memiliki pengikuti yang jauh lebih muda dibanding agama-agama lain. Mereka yang beragama Islam di bawah usia 15 tahun sebesar 34 persen, dibandingkan rata-rata umum sebesar 27 persen.

“Penganut Kristen berkurang karena lebih banyak yang menjadi Ateis atau bergabung dengan agama lain,” kata lembaga itu.

“Sekitar 40 juta orang diprediksi beralih ke agama Kristen, sementara mereka yang beralih dari agama itu sebanyak 106 juta orang,” imbuh Pew. [kiblat/visimuslim]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here