AS, Rusia dan PBB Kembali Bertemu Susun Rencana untuk Suriah

0
Pemerintah Moskow, Kamis (21/07), mengumumkan bahwa Jenewa akan menyaksikan kembali pertemuan para pejabat Rusia, Amerika dan PBB pekan depan untuk membahas rencana di Suriah. Sejumlah sumber menyebutkan, pertemuan itu juga akan dihadiri utusan khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, lapor Al-Jazeera
Juru bicara Departemen Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa menurut jadwal yang sudah ditentukan akan digelar pertemuan tingkat tinggi para pejabat Rusia, Amerika Serikat dan PBB pekan depan di Jenewa untuk membahas Suriah. Dia mengatakan, negaranya sangat ingin memulai dialog produktif di bawah bimbingan De Mistura tanpa syarat.
Dalam konteks ini, sumber media mengonfirmasi bahwa PBB menegaskan keterlibatan de Mistura dalam pertempuran yang rencananya digelar pada tanggak 26 dan 27 Juli itu. Pertemuan ini setingkat wakil menteri luar negeri.
Sepuluh hari lalu, de Mistura mengatakan bahwa solusi politik untuk urusan Suriah mungkin bisa ditentukan oleh kesepakatan AS dan Rusia. Dia mengungkapkan, kedua negara menunjukkan mampu mengambil kesepakatan, sementara pihak lainnya mengikuti mereka.
De Mistura mengungkapkan, saat ini pihaknya masih belum menemukan solusi yang menserasikan antara memerangi ISIS dan Jabhah Nusrah, dan proses transisi politik di Suriah.
Perlu diketahui, Amerika Serikat dan Rusia sebelumnya memperlakukan sejumlah upaya untuk mengendalikan konflik di Suriah. Akan tetapi, upaya itu masih belum berhasil akibat kompleksnya permasahalan di negara tersebut. [VM]

Sumber : KIBLAT
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here