Unicef: Kolera Membunuh 600 Warga Yaman, 130.000 Lainnya Potensial Terjangkit - Visi Muslim Media

Artikel Terbaru

 photo Master Mitra Jasa Teknik_zpsc7ntdbto.png

Unicef: Kolera Membunuh 600 Warga Yaman, 130.000 Lainnya Potensial Terjangkit


Sekitar 70.000 kasus kolera telah dilaporkan ke Unicef di Yaman, termasuk hampir 600 orang yang meninggal dunia bulan lalu, sementara penyakit itu terus menyebar cepat.

Lembaga di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa itu, yang bertugas memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan untuk anak dan ibu di negara-negara berkembang, hari Jumat (2/6/2017) mengatakan situasi di Yaman sudah sangat buruk dan dengan cepat dapat berubah menjadi bencana.

“Kolera tidak perlu izin untuk melintasi pos pemeriksaan atau perbatasan, tidak pula membedakan kekuatan politik mana yang menguasai suatu daerah,” kata Direktur Regional Unicef Geert Cappelaere dalam pernyataan yang dimuat di situs lembaganya menyusul kunjungannya ke Yaman, seperti dikutip Aljazeera.

Dia memperingatkan bahwa dalam dua pekan mendatang kolera diperkirakan dapat menjangkiti 130.000 orang di Yaman.

Unicef mengatakan dalam kurun 72 jam terakhir saja sedikitnya 10.000 kasus kolera telah dilaporkan.

Lebih lanjut Cappelaere mengatakan bahwa tenaga kesehatan bekerja berpacu dengan waktu untuk mencegah kolera membunuh lebih banyak anak di Yaman, meskipun mereka sudah hampir 9 bulan tidak menerima gaji.

Menurut laporan PBB, sekarang ini hanya segelintir fasilitas medis yang masih berfungsi dan dua pertiga penduduk Yaman tidak memiliki akses air layak minum.

Kolera adalah penyakit yang menyebabkan diare akut yang menyebar lewat air minum yang terkontaminasi. Kondisi penderita bisa fatal jika dalam beberapa jam tidak segera ditangani.

Wabah kolera yang terjadi akhir tahun lalu bisa ditangani, tetapi setelah itu penyakit tersebut semakin sering muncul di kalangan masyarakat.

Data WHO menunjukkan Sanaa menjadi daerah yang paling parah, disusul oleh daerah tetangganya Provinsi Amanat Al-Semah.

Kasus-kasus kolera dilaporkan juga terjadi di kota-kota besar lain seperti Hodeidah, Taiz dan Aden.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan sekitar 17 juta dari 26 juta penduduk Yaman mengalami kekuarangan makanan dan sedikitnya 3 juta anak-anak mengalami malnutrisi. [Hdytllah]

BACA JUGA :

KOMENTAR ANDA:

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Unicef: Kolera Membunuh 600 Warga Yaman, 130.000 Lainnya Potensial Terjangkit"

close