Terima Kasih HTI Telah Menyadarkan Kami - Visi Muslim Media

Artikel Terbaru

 photo Master Mitra Jasa Teknik_zpsc7ntdbto.png

Terima Kasih HTI Telah Menyadarkan Kami

Orang akan banyak berpendapat jika ditanya tentang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Mereka akan memiliki pandangan yang beragam terhadap HTI, baik terhadap pemikiran ataupun kegiatan-kegiatan dakwahnya. Ada yang berpendapat dengan sinis, namun tidak sedikit yang memuji dan memberikan apresiasi positif terhadap HTI.

Adapun bagi saya sendiri setelah beberapa tahun berinteraksi, dan belajar akan pemikiran serta turut serta dalam kegiatan-kegiatan dakwah HTI hingga sekarang. Saya berkesimpulan bahwa HTI adalah sebuah harapan bagi umat Islam menuju kebangkitan sejati.

HTI menyadarkan dan menyegarkan kembali akan keindahan dari sistem Islam, baik secara konsep, sejarah penerapannya dan juga fakta-fakta yang terjadi. Islam adalah agama sempurna, paripurna dan komprehensif, yang mana Islam hadir untuk menyelesaikan seluruh problematika manusia dalam segala bidang. Inilah yang dihadirkan dan disadarkan kembali kepada umat Islam oleh HTI. Karena bukan sesuatu yang aneh, jika masih banyak umat Islam yang berpandangan bahwa Islam hanya sekedar agama ritual ibadah, akhlak, dan tidak mengatur masalah publik seperti ekonomi, politik, pemerintahan, hukum dan lainnnya. Termasuk saya dulu memiliki anggapan demikian.

Di sinilah kemudian, saya memberikan apresiasi begitu luar biasa kepada HTI. Dengan kegigihan dakwah HTI, dan dari sana-sini masih banyak sekali tantangan, HTI tetap mampu menyadarkan saya, kami dan umat Islam akan keindahan Islam yang sesungguhnya. Meski karena dakwah yang dilakukan HTI ini, masih banyak rintangan, hambatan dan komentar-komentar sinis dari mereka yang sebenarnya belum memahaminya. Atau kadang mereka sudah memahami, namun karena ada kepentingan lain, sehingga mereka masuk dalam bagian pihak yang kurang memberikan apresiasi terhadap HTI.

Bagi saya, HTI dan pemikiran-pemikirannya untuk menjadikan umat Islam bersatu dengan menerapkan Islam secara sempurna dalam sebuah pemerintahan bukanlah ancaman, justeru sebaliknya. Gagasan yang ditawarkan HTI, yang notabene adalah Islam itu sendiri adalah solusi atas segala masalah umat Islam saat ini, termasuk Indonesia.

Kita bisa melihat dalam persoalan ekonomi misalkan. Indonesia berada dalam cengkeraman kapitalisme global dengan paradigma neo-liberalisme dan neo-imperialismenya. Adanya penerapan kapitalisme ini, masalah-masalah ekonomi kian melebar dari masa ke masa. Ketimpangan ekonomi, kemiskinan terstruktur, pengangguran sistemik, inflasi, krisis ekonomi, rendahnya daya beli masyarakat, sulitnya akses ekonomi yang merata, lemahnya nilai rupiah, kekayaan alam yang dirampok dan segala macam masalah lainnya. Semua disebabkan oleh penerapan paradigma ekonomi yang salah, yakni kapitalisme.

Di sinilah HTI menyadarkan kepada umat, memberikan edukasi kepada masyarakat dengan solusi Islam, yakni sistem ekonomi Islam. Karena dengan sistem ekonomi Islam, yang merupakan bagian dari sistem Islam akan mampu memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan sistem-sistem ekonomi lainnya. Dan lebih penting kesadaran yang dibangun HTI kepada masyarakat adalah kesadaran berdasarkan keimanan. Sehingga penerapan sistem ekonomi Islam dan sistem Islam itu sendiri tidak lain adalah konsekuensi dari ke-Islaman kita. Inilah hal yang luar biasa ditunjukkan oleh HTI kepada umat. Dan ini pula sesungguhnya peran dan sumbangsih yang sangat penting dalam menyongsong kejayaan dan kebangkitan umat Islam. [VM]

Penulis : Lutfi Sarif Hidayat, SEI (Pemerhati Ekonomi Politik)

BACA JUGA :

KOMENTAR ANDA:

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Terima Kasih HTI Telah Menyadarkan Kami"

close