Pendidikan Islam Penjaga Identitas Muslim - Visi Muslim Media

Artikel Terbaru

 photo Master Mitra Jasa Teknik_zpsc7ntdbto.png

Pendidikan Islam Penjaga Identitas Muslim

Tsaqofah (pengetahuan) merupakan bagian dari terbentuknya identitas suatu bangsa. Cara untuk menanamkan tsaqofah itu tidak lain ialah melalui pendidikan. Pendidikan bukan hanya mentransfer ilmu yang sedang dipelajari, melainkan juga menanamkan pemikiran tentang pandangan hidup seseorang. Dengan kata lain, pendidikan sangat berperan penting dalam pembentukan pola pikir. Maka tidak heran jika penganut mabda (ideologi) Kapitalis-Sekuler yang saat ini sedang berkuasa sangat mengoptimalkan pendidikan untuk mempertahankan pemikiran sekuleristik yang telah ada pada masyarakat pada umumnya.

Demikian halnya dengan kurikulum yang digunakan menggunakan asas sekulerisme atau pemisahan agama (Islam) dari kehidupan. Memerankan agama hanya dalam konteks spiritual saja. Padahal Islam bukan hanya mengatur tentang hubungan manusia dengan Penciptanya, dan mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Melainkan juga mengatur tentang hidup bermuamalah, dari urusan pergaulan, keluarga, pendidikan, ekonomi, sampai pada tatanan politik, Islam mengatur segala aspek kehidupan.

Bahayanya ketika memasukan materi pembelajaran yang tidak berdasar pada akidah. Seperti teori evolusi materi dalam teori Darwin, yang merupakan tonggak awal ideologi komunisme. Walaupun peradaban ideologinya sudah menghilang, tapi tetap saja “memelihara” teorinya yang jelas-jelas bertentangan dengan akal dan akidah. Belum lagi memasukan pemahaman liberalisme yang nantinya akan membentuk pola pikir bahwa kebahagiaan akan didapat dengan kebebasan, termasuk kebebasan berekspresi, dll. Sehingga kaum muslim cenderung hilang keyakinannya akan keagungan Syariat. Akibatnya kaum muslim malah menjadi agen-agen kebebasan dan menyerukan untuk menyingkirkan hukum Islam dari kehidupan. Kondisi ini diperparah dengan gempuran budaya Barat yang semakin merusak identitas generasi muslim.

Kita tidak bisa mengharapkan penerapan sistem pendidikan Islam dalam sistem seperti sekarang, yang ada sebuah konsep yang hanya menjadi teori keagamaan dan tidak akan pernah bisa direalisasikan. Makan dari itu, harus ada negara yang mau menerapkan Syariat Islam dalam segala aspek, termasuk dalam hal pendidikan. Tidak lain tidak bukan, negara itu hanyalah negara Khilafah, yang akan menjamin sistem pendidikan serta mengajarkan nilai-nilai yang berdasar pada akidah Islam. Termasuk didalamnya mengajarkan keseluruhan Syariat agar terbentuk generasi yang faham tentang Islam sampai seluk-beluknya. Dengan ini, bisa melahirkan generasi berkepribadian Islam, menjadi duta-duta yang siap menyampaikan penjelasan Syariat yang solutif untuk berbagai persoalan, serta untuk menyebarkan Islam ke seluruh dunia. [VM]

Penulis : Lavia Sri Dayanti (Siswi SMKN 1 Cilacap)

BACA JUGA :

KOMENTAR ANDA:

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Pendidikan Islam Penjaga Identitas Muslim"

close