Hukum Wanita Muslimah Ikut Demo - Visi Muslim Media

Artikel Terbaru

 photo Master Mitra Jasa Teknik_zpsc7ntdbto.png

Hukum Wanita Muslimah Ikut Demo

Demonstrasi (muzhaharat) adalah penyampaian pendapat atau perasaan di hadapan publik secara berjama’ah baik kepada penguasa, partai politik, maupun kepada pihak-pihak lainnya.

Mengenai hukum demonstrasi secara umum, ada dua pendapat kontemporer. Pertama, mengharamkan, misalnya pendapat Nashiruddin Al Albani, Abdul Aziz bin Baz dan Shalih Al Fauzan.

Alasannya antara lain karena dianggap memberontak kepada penguasa dan banyak menimbulkan berbagai penyimpangan syariah, seperti ikhtilat dan berbagai mudharat (seperti perusakan fasilitas publik)

Kedua, membolehkan dengan syarat-syarat tertentu. Misalnya pendapat Yusuf Qaradhawi, Ziyad Ghazzal, M. Abdullah Al Mas’ari, dan Muhyiddin Al Qarahdaghi. Mereka membolehkan demonstrasi karena dianggap sebagai uslub dalam amar ma’ruf nahi munkar atau menasihati penguasa, dengan syarat-syarat tertentu, misalnya tujuan demonstrasi harus sesuai syariah dan tidak disertai hal-hal yang diharamkan seperti ikhtilat dan menggunakan kekerasan/senjata.

Pendapat yang kuat adalah pendapat yang membolehkan demonstrasi dengan syarat-syarat tertentu. Karena bolehnya demonstrasi sesungguhnya sudah tercakup dalam dalil-dalil umum yang mensyariatkan amar ma’ruf nahi munkar atau menasihati penguasa.

Namun, bolehnya demonstrasi wajib dibatasi dengan 3 syarat:

1. tujuan demonstrasi wajib sesuai dengan syariah, misal mengajak penguasa menerapkan syariah

2. demonstrasi wajib dilaksanakan secara damai, yakni tidak menggunakan kekerasan

3. demonstrasi tidak boleh disertai hal-hal yang diharamkan, misalnya merusak fasilitas publik, ikhtilat dan tabarruj.

Hukum demonstrasi untuk wanita muslimah adalah boleh, mengikuti hukum bolehnya demonstrasi secara umum tersebut. Hanya saja, ditambah 4 syarat lagi:

1. diizinkan oleh suami (atau ayah bagi yang belum nikah) (QS An Nisaa`: 34)

2. mengenakan busana muslimah yang sempurna (jilbab dan khimar) (QS An Nuur: 31 & Al Ahzab: 59)

3. tidak tabarruj (misalnya mengenakan baju yang ketat) (QS An Nuur: 60)

4. tidak mengeluarkan suara tak pantas yang dapat membangkitkan syahwat (QS Al Ahzab: 32). Wallahu a’lam. [KH. M. Shiddiq Al Jawi]

BACA JUGA :

KOMENTAR ANDA:

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Hukum Wanita Muslimah Ikut Demo"

close