Buah Dominasi Asing di Yaman : Serangan Rudal Mengarah ke Mekah

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Oleh : Umar Syarifudin
(Pengamat Politik Internasional)

Yaman bergejolak, berbagai sumber mengabarkan, serangan kelompok Syiah Houthi di Yaman terhadap Arab Saudi belum juga berhenti. Seperti diberitakan stasiun tv pemerintah, Al-Ikhbariyah bahwa tentara Koalisi mendapati rudal yang ditembakkan oleh kelompok kudeta Houthi mengarah ke kota Makkah al-Mukarramah. Rudal sendiri berhasil ditangani pertahanan Arab Saudi, dan mencegatnya sebelum rudal mencapai tempat sakral umat Muslim dunia itu. "Ini adalah serangan kepada semua umat Islam di seluruh dunia," kata Sekjen OKI Iyad Madani, seperti dilansir Saudi Gazette, Ahad (30/10).

Menurut Deputi Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Yaman, Abdel-Malek Al-Mekhlafi, milisi Houthi telah menciptakan kehancuran dan hasutan dengan upaya penembakan rudal ke Mekah. "Kami mencari perdamaian dan mereka mencari perang; kita mencari stabilitas Yaman dan wilayah, dan mereka mencari kehancuran dan hasutan. Kami tegaskan, mereka adalah ancaman bagi perdamaian dunia," kata Al-Mekhlafi seperti dilansir Arab News, Sabtu 29 Oktober 2016.
Tindakan tak bertanggungjawab ini dikatakan telah mengungkap wajah sejati milisi Houthi, dan membuktikan perselisihan sektarian. "Ini didorong oleh Iran, melalui boneka mereka di wilayah tersebut, yang telah berkampanye sebuah hasutan sektarian terhadap Kerajaan Arab Saudi," kata seorang pejabat pemerintah Yaman yang disampaikan ke Arab News.

Amerika paham bahwa Houthi, bisa dimanfaatkan menjadi alatnya AS, telah berada dalam situasi labil. Mereka menyebar di yaman, namun tidak bisa mendominasi dan juga tidak bisa kembali ke basis kekuatan mereka di utara. Karena itu Amerika berpandangan untuk menyelamatkan mereka dengan aksi militer terbatas dengan cara menonjolkan Houthi sebagai korban, padahal sebelumnya masyarakat melihat agresi mereka. Kedua, menciptakan suasana negosiasi darurat untuk sampai pada solusi jalan tengah ketika tidak mampu mengambil semuanya sendirian. Aksi-aksi militer kadang kala berhasil membuka pintu negosiasi, namun kadang kala gagal. Akibatnya, masalahnya menjadi kacau kembali, menyengsarakan Yaman.

Apa yang terjadi di Yaman bukan hanya konflik lokal atau regional, tetapi melibatkan kekuatan-kekuatan internasional. Saat Houthi mengendalikan sebagian besar negara di saat pemerintah sebelumnya di pengasingan, terlihat AS siap untuk merumuskan beberapa penyelesaian akhir yang akan membuat Houthi memainkan peran sentral.

Konflik di yaman Merupakan persaingan untuk berebut kekuasaan dan kekayaan antara Inggris dan AS. Menteri Luar Negeri Yaman Riyad Yasin pernah menjelaskan pada Al-Jazeera di Doha bahwa tidak ada tempat untuk Houthi dalam solusi politik berikutnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memotong jalan di depan Kerry yang berusaha memasukkan kelompok Houthi dalam sandiwara berikutnya. Amerika masih kebingungan untuk memenangkan sekutunya dengan berbagi kekuasaan.

Amerika telah mendukung Houthi melalui Iran dengan berbagai macam senjata dan peralatan militer agar mereka mampu mengontrol Yaman menggunakan kekuatan. Sebabnya, Amerika paham bahwa lingkungan politik di Yaman pada lazimnya adalah buatan Inggris. Houthi beranggapan, bahwa mereka memiliki kekuatan yang bisa mengontrol Yaman. 

Untuk itu setelah semua pengorbanan, kerugian dan penderitaan telah ditimpakan kepada rakyat Yaman, sekarang waktunya bagi mereka untuk meninggalkan para pemimpin pengkhianat yang telah menyerahkan negerinya kepada kaum kafir Barat sehingga mereka bisa mempermaikan negeri kaum Muslim dengan sesuka hatinya; dan hendaknya mereka mengadopsi sendiri untuk memecahkan masalah yang menyelimutinya dengan bergabung pada orang-orang yang berdedikasi, jujur, mukhlis dan berjuang dengan sekuat tenaga untuk membebaskan negeri dari jeratan penjajahan politik dan ketergantungan pemikiran; serta berusaha mengatasi krisis melalui tegaknya hukum-hukum syariah dari ideologi umat dan akidahnya, menegakkan kekuasaan Islam dan menyuarakan kalimat kebenaran secara lantang dan memberikan nasihat kepada semua muslim. [VM]
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Buah Dominasi Asing di Yaman : Serangan Rudal Mengarah ke Mekah"