AS Gelontorkan Bantuan Militer Terbesar Kepada Israel

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Amerika Serikat dan Israel mencapai kesepakatan akhir tentang bantuan militer terbesar yang dijanjikan oleh Washington kepada Tel Aviv.

Dikutip  dari Reuters, Selasa (13/09), sumber-sumber terpercaya di Washington mengatakan bahwa Amerika Serikat dan Israel pada akhirnya sepakat tentang “pemberian paket baru” untuk bantuan militer sedikitnya senilai $ 38 miliar. Kesepakatan dalam jangka 10 tahun ini akan ditandatangani beberapa hari ke depan.

Menurut pejabat dari kedua belah pihak, ini merupakan perjanjian bantuan militer paling besar yang belum pernah diteken pemerintahan AS dengan negara lain. Begitu juga, bantuan ini adalah bantuan militer terbesar yang perndah diterima Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Sejak Amerika Serikat dipimpin oleh Barack Obama, hubungan AS dan Israel kian membaik. AS terus menggelontrokan bantuan kepada negara penjajah itu.

Radio Israel melaporkan pada 2 Agustus lalu, sejumlah sumber pejabat dari dua negara menegaskan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memutuskan untuk menandatangani perpanjangan bantuan dengan pemerintah AS saat ini, dan tidak menunggu pergantian presiden AS berikutnya.

Seorang pejabat senior AS mengonfirmasi bahwa pemerintahan Obama berjanji untuk menandatangani nota kesepahaman, “termasuk bantuan militer tunggal terbesar kepada setiap negara yang berjasa dalam sejarah Amerika.”

Surat kabar “Yediot Aharonot”, bulan kemarin, mengatakan bahwa berdasarkan perjanjian ini, Israel selama sepuluh tahun ke depan menerima antara 3,5 miliar hingga 3,7 miliar dolar setiap tahun.  Angka ini lebih sedikit dari yang diminta oleh Netanyahu sebanyak empat miliar dolar setahun.

Sumber: Al-Jazeera/Kiblat
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "AS Gelontorkan Bantuan Militer Terbesar Kepada Israel"