TNI dan AL Amerika Akan Gelar Latihan Bersama di Padang

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴
Ilustrasi
Militer Indonesia dan Amerika Serikat kembali menggelar latihan bersama di wilayah Nusantara. Kali ini Pusat Kesehatan Tentara Nasional Indonesia (Puskes TNI) dan Unites States Pacific Fleet US. Navy akan terlibat dalam Pacific Partnership 2016 di Padang, Sumatera Barat.

Agenda Pacific Partnership adalah salah satu program Unites States Indonesia Bilateral Defence (USIBDD) bidang kesehatan. Seperti dikutip JPNN, latihan yang rencananya dibuka pada 22 Agustus 2016 itu menitikberatkan pada latihan kesehatan militer dalam penanggulangan bencana antara Pusat Kesehatan (Puskes) TNI dengan United States Pacific Fleet. Lokasinya berada di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang.

Kadispen Koarmabar, Mayor Laut (KH) Budi Amin menjelaskan bahwa lima bidang materi latihan yakni Engeering Civic Action Project (ENCAP) akan dilakukan dalam latihan bersama kali ini. Diantarnya pembangunan jalur evakuasi sepanjang 350 meter di Pasir Jambak, pembangunan ruang serbaguna 7 m x 15 m di padang sarai dan pembangunan 4 buah toilet umum di Sungai Pinang.

Sementara, agenda dalam Medical Civic Action Programme (MEDCAP) yaitu pelatihan kesehatan dalam kesiapsiagaan bencana, seminar kedokteran gigi, dan pengobatan massal. Ada juga ceramah kesehatan di beberapa sekolah dasar, sanitasi air, penanganan rabies, inseminasi ternak dan penyakit ternak.

Untuk Medical Exercise (Ha/dr) meliputi latihan kesiapsiagaan bencana aspek kesehatan. Comomunity Relationship berupa open ship di USNS Mercy, Sport, Cultural Party, bersih pantai, serta Woman Peace Security (WPS) yaitu seminar international yang melibatkan dari berbagai organisasi wanita di Padang.

Beberapa unsur alat utama akan dikerahkan dalam latihan ini antara lain KRI Makassar, Heli Bell TNI AL, dan USNS Mercy. Unsur pendukung lainnya adalah TNI AD (Korem 032/wbr), Lanud Padang dan Pemerintah Daerah Pemprov Sumbar, Pemkot Padang beserta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)

Indonesia telah kerap menggelar latihan militer bersama dengan Amerika Serikat di wilayah Nusantara. Selain latihan di Maluku pada 2010, kedua negara juga terlibat dalam latihan bersama di Sulawesi Utara (2012), Nusa Tenggara Timur (2014) dan selanjutnya di Padang, Sumatera Barat tahun 2016. [VM]

Sumber : KIBLAT
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "TNI dan AL Amerika Akan Gelar Latihan Bersama di Padang"