Singgung Kemacetan BREXIT, Media Inggris: Inikah yang Terburuk di Dunia?

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Kemacetan parah di Brebes saat arus mudik lebaran 1437 H mendapat sorotan tajam dari media terbesar kedua di Inggris, Daily Mail.

Versi online Daily Mail pada Kamis 7 Juli 2016 bahkan memberi judul artikelnya dengan “Is this the world’s worst traffic jam? Fifteen motorists die in three days after getting caught in gridlock at Indonesian junction… named BREXIT”

Inikah kemacetan lalu lintas terburuk sedunia? Lima belas penumpang meninggal dunia dalam tiga hari setelah terjebak kemacetan di persimpangan Indonesia… yang bernama BREXIT (Brebes Exit).

Artikel Daily Mail lebih menyoroti korban-korban yang tewas akibat kemacetan panjang yang terjadi di Indonesia ini daripada penyebab kemacetan.

“Media setempat melaporkan 13 orang telah meninggal di hari yang sama di persimpangan Brexit, namun Departemen Kesehatan Indonesia mengatakan 15 orang telah meninggal dunia dalam tiga hari.”

Mengutip pernyataan Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan kepada Jakart Globe, Daily Mail melaporkan bahwa faktor penyebab kematian adalah dehidrasi dan kelelahan. Yang paling rentan mengalami hal ini adalah anak-anak dan lansia.

Dalam hal ini, Daily Mail juga menyertakan foto-foto situasi kemacetan parah di kawasan Brebes, Jawa Tengah tersebut.

Seperti diketahui, mudik lebaran tahun ini diiringi dengan kemacetan parah yang menyebabkan belasan korban jiwa. Menurut Kapolri, kemacetan sepanjang 25 kilometer dari pintu keluar Tol Brebes Timur hingga Rawaurip, Cirebon itu karena terbatasnya lajur setelah keluar tol sehingga terjadi hambatan. Selain itu, minimnya stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) juga menjadi faktor penyebab macet.

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan menampik kemacetan tersebut menimbulkan korban jiwa. Menurut Jonan, pemudik yang meninggal dunia saat kemacetan itu lantaran telah memiliki riwayat penyakit sebelumnya.

Insiden kemacetan inipun mendapatkan kritikan keras dari berbagai pihak. Mulai dari wacana pemberhentian semua menteri, permintaan mundur Kakorlantas, hingga presiden Jokowi yang dinilai telah abai menyikapi masalah ini. [VM]

Sumber : KIBLAT
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Singgung Kemacetan BREXIT, Media Inggris: Inikah yang Terburuk di Dunia?"