Sambut Ramadhan Dengan Persiapan

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Oleh: Yusuf, S.Pd.I., M.Pd. 
(Dosen & Trainer-Motivator)

Tanpa terasa, kita telah berada di penghujung bulan sya’ban (dalam kalender Hijriah). Ini pertanda bahwa beberapa hari lagi umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan, bulan penuh berkah dan bulan penuh kebaikan, yang di dalamnya kita diwajibkan untuk berpuasa.

Siap atau tidak siap, bulan Ramadhan pasti akan datang. Beruntung bagi orang-orang yang mempersiapkan diri dengan baik dalam menyambutnya, karena dengan persiapan tersebut tentu saja akan membuahkan hasil yang lebih baik yakni ibadah lancar dan maksimal.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan ramadhan?, setidaknya ada beberapa persiapan yang perlu kita lakukan, diantaranya:

1. Mencari info tanggal 1 Ramadhan. 

Amal yang benar adalah amal yang dilakukan dengan niat yang benar, cara yang benar dan waktu yang benar (bila ibadahnya terikat waktu). Tanda datangnya tanggal 1 Ramadhan adalah terlihatnya hilal (bulan sabit: penampakan bulan pertama di awal bulan). Untuk wilayah yang secara astronomis berpotensi melakukan ru’yat (melihat hilal) maka dapat me-ru’yat dan untuk wilayah yang tidak berpotensi, harus mencari informasi hasil ru’yat yang valid. Rasulullah Saw bersabda, “Berpuasalah kalian jika melihat hilal, dan berbukalah kalian jika melihat hilal. Dan jika (penglihatan kalian) terhalang oleh mendung, maka genapkanlah (sempurnakanlah) bilangan bulan Sya’ban itu tiga puluh hari” (HR. Bukhari).

2. Berdo’a. 

Berdo’alah agar Allah SWT memberikan kesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan dalam keadaan sehat. Dalam kondisi badan yang sehat, kita bisa melaksanakan ibadah secara maksimal, baik puasa, shalat, membaca Al Qur’an, dzikir dan sebagainya. Dari Anas bin Malik ra berkata, bahwa Rasulullah Saw apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan” (HR. Ahmad dan Thabrani).

3. Bergembira dengan kedatangan bulan Ramadhan.

Rasulullah Saw selalu memberikan kabar gembira kepada para sahabat setiap kali datang bulan Ramadhan. Sabda Rasulullah Saw, "Barang siapa yang bergembira atas datangnya Ramadhan, Allah telah mengharamkan jasadnya dari api neraka" (HR. An Nasa'i). Tapi perlu diingat, gembira saja tidak cukup!. Perlu me-menej diri agar senantiasa bertobat, menjauhi perbuatan dosa dan memaksimalkan amal ibadah.

4. Membiasakan diri. 

Biasakan diri menjaga pandangan, ucapan, pendengaran dan perbuatan, agar saat di bulan Ramadhan juga terbiasa melakukan hal itu.

5. Persiapan jasmani. 

Persiapkan jasmani agar sehat, kuat dan semangat berpuasa. Bisa dengan berolahraga, menjaga asupan gizi, suplemen herbal dan membiasakan diri dengan puasa sunnah.

6. Persiapan budget. 

Agar ibadah lebih maksimal, kita juga memerlukan persiapan anggaran. Anggaran ini bisa di alokasikan untuk sedekah, berbagi makanan untuk berbuka puasa dan sebagainya.

7. Merancang agenda kegiatan Ramadhan.

Agar semua terprogram rapi dan maksimal, kita dapat membuat jadwal amalan ibadah (jadwal harian) yang akan dilakukan selama Ramadhan. Jadwal ini akan membantu kita untuk mengingat amalan apa yang harus dikerjakan pada waktu tertentu, target penyelesaiannya dan waktu penyelesaian. Ini perlu dilakukan karena dalam bulan Ramadhan setiap detiknya sangatlah berharga.

8. Mempelajari hukum-hukum dan tatacara amalan-amalan ibadah di bulan Ramadhan serta keutamaannya. 

Dengan ibadah yang dilandasi ilmu, akan membuat kita mantap beribadah dan lebih semangat serta pahalanya pun dapat kita raih.

Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 1437 H. [VM]
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Sambut Ramadhan Dengan Persiapan"