Ramadhan Bulan Keutamaan & Kebaikan

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Oleh : H. Luthfi H.

إِنَّ شَهْرَ رَمَضَانِ الْمُبَارَكِ هُوَ أَفْضَلُ الشُّهُوْرِ، فَفِيْهِ أَنْزَلَ اللـهُ الْقُرَآنَ 

Sesungguhnya bulan Ramadhan yang penuh dengan Keberkahan adalah seutama-utamanya bulan. Dalam bulan ini Allah SWT telah menurunkan Al Qur'an. Firman Allah SWT;

﴿شهرُ رَمَضانَ الذيْ أُنْزِلَ فِيْهِ القُرْآنُ هُدىً للناسِ وبيناتٍ مِنَ الْهُدَى والْفُرْقَانِ﴾.

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Al Baqarah 185).

وَفِيْهِ أَنْزَلَ اللـهُ صُحُفَ إِبْرَاهِيْمَ، وَفِيْهِ أَنْزَلَ التَّوْرَاةَ، وَفِيْهِ أَنْزَلَ الزَّبُوْرَ، وَفِيْهِ أَنْزَلَ الْإِنْجِيْلَ، كَمَا وَرَدَ فِي مُسْنَدِ الْإِمَامِ أَحْمَدَ.

Dalam bulan Ramadhan pula Allah SWT menurunkan Shuhuf (lembaran-lembaran) kepada Nabi Ibrahim as, demikian pula dengan Taurat (kepada Nabi Musa as), diturunkan nya Zabur (kepada Nabi Daud as), dan Injil (kepada Nabi Isa as). Sebagaimana yang dijelaskan dalam Musnad Imam Ahmad. 

وَفِيْهِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ الَّتِي هِي خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ. وَفِيْهِ تُصَفَّدُ الشَّيَاطِيْنَ،

Di bulan Ramadhan pula terdapat malam Lailatul Qadar, yakni malam yang lebih utama --dalam melakukan kebaikan -- dari seribu bulan. Di bulan Ramadhan pula Syaithan dibelenggu. Rasul saw bersabda: 

«إِذَا جَاءَ رَمْضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الرَّحْمَةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ»

"Apabila Ramadlan telah tiba, maka pintu-pintu surga akan dibuka, lalu pintu-pintu neraka ditutup dan syetan-syetan pun akan dirantai." (HR. Muslim).

وَ الْعُمْرَةُ فِيْهِ تَعْدِلُ حِجَّةً فِي غَيْرِهِ قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ لِامْرَأَةٍ مِنَ الْأَنْصَارِ: 

Dan jika melakukan ibadah 'Umrah di bulan ini, mendapatkan pahala sama dengan layaknya mengerjakan ibadah haji di bulan yang lain. Rasul saw pernah bersabda kepada seorang wanita dari Anshar.

«إِذَا كَانَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي فَإِنَّ عُمْرَةً فِيْهِ تَعْدِلُ حِجَّةً»

"Jika Ramadhan tiba, tunaikanlah ibadah Umrah, karena Umrah di bulan itu sebanding dengan satu kali haji." (HR. An Nasa'i)

وَمَنْ صَامَهُ إِيْمَانَاً وَاحْتِسَابَاً خَرَجَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمِ وَلِدَتْهُ أُمُّهُ. وَيُضَاعِفُ اللـهُ أَجْرَ الْحَسَنَاتِ فِي رَمَضَانَ إِلَى سَبْعِيْنَ ضِعْفَاً.

Sehingga siapa saja dari seorang mukmin yang berpuasa dengan penuh keimanan dan semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT, maka akan keluar dosa-dosanya, sehingga ia bagaikan baru terlahir dari rahim ibunya (tanpa dosa). 

Di bulan ini pula Allah akan melipatgandakan kebaikan yang dilakukan mukmin sampai 70 kali lipat. 

وَ شَهْرُ رَمَضَانَ هُوَ شَهْرُ الصَّبْرِ وَالْجِهَادِ وَالنَّصْرِ، فِيْهِ تَمَّ النَّصْرُ فِي بَدْرَ، وَفِيْهِ تَمَّ فَتْحُ مَكَّةَ، وَفِيْهِ كَانَ يَنْتَصِرُ الْمُسْلِمُوْنَ عَلَى مَرِّ التَّارِيْخِ.

Demikianlah Ramadhan. Ia adalah bulan kesabaran. Bulan Jihad dan Pertolongan. Di bulan ini Allah telah menyempurnakan pertolongan-Nya dalam Perang Badar. Bulan saat Allah menyempurnakan pertolongan-Nya pada Futuh Mekkah. Di bulan ini sejarah telah mencatat berbagai pertolongan dan kemengangan Allah berikan kepada kaum muslimin. 

وَهُوَ شَهْرُ تِلَاوَةِ الْقُرْآنِ، وَشَهْرُ إِخْرَاجِ الزَّكَاةِ، وَشَهْرُ عِمَارَةِ الْمَسَاجِدِ، وَشَهْرُ التَّوْبَةِ إِلَى اللـهِ، وَشَهْرُ إِصْلَاحِ ذَاتِ بَيْنِ الْمُسْلِمِيْنَ، وَشَهْرُ صِلَةِ الْأَرْحَامِ، وَشَهْرُ الْكَرَمِ وَالْإِحْسَانِ إِلَى الْمُحْتَاجِيْنَ، وَشَهْرُ عِفَّةِ اللِّسَانِ وَالْجَوَارِحِ، وَشَهْرُ تَجْدِيْدِ الْإِيْمَانِ وَتَنْقِيَّةِ الْقُلُوْبِ...

Bulan Ramadhan adalah bulan tilawah Al Qur'an. Bulan dikeluarkannya Zakat (Fitrah). Bulan saat memakmurkan masjid. Bulan untuk bertaubat kepada Allah. Bulan untuk melakukan ishlah (perbaikan) diantara sesama muslim. Bulan untuk melakukan silaturahmi. Bulan kemuliaan dan kebaikan bagi mereka yang memerlukan (fuqara dan Masakin). Bulan untuk menjaga kesucian lidah dan anggota badan. Bulan untuk memperbaharui keimanan dan membeningkan hati. 

نعمْ شهرُ رمضانَ هوَ شهرُ الفضائلِ كُلِّهَا. ولكنْ هناكَ أمرٌ عظيمٌ نطلبُهُ، ونرجوْ أنْ يحققَهُ اللـهُ لَنَا، ونرجوْ أنْ تتفتحَ عقولُ المسلمينَ وقلوبَهُمْ لَهُ في هذا الشهرِ الفضيلِ. ذلكَ الأمرُ العظيمُ هوَ لَمُّ شَمْلِ المسلمينَ وعودتُهُمْ أمةً واحدةً عزيزةً منتصرةً مرهوبةَ الجانبِ تعتصمُ بحبلِ اللـهِ (أيْ كتابِهِ) وتُقِيْمُ الدينَ وتحملُ الرسالةَ اقتداءً برسولِهَا r لِتُخْرِجَ الناسَ منَ الظلماتِ إلى النورِ.

Benar. Bahwa bulan Ramadhan adalah bulan keutamaan seluruhnya. 

Namun di bulan ini, ada perkara besar yang menuntut kita. Yang kita berharap Allah merealisasikannya dengan usaha dan upaya kita. Kita berharap akan terbukanya akal dan hati manusia dalam bulan yang penuh keutamaan ini. 

Perkara agung tersebut adalah terekatnya kaum muslimin dan kembalinya mereka menjadi umat yang satu, umat yang mulia, umat yang berjaya, yang ditakuti oleh umat lain karena mereka berpegang teguh pada tali Allah. Yakni, Kitabullah. 

Yakni menegakkan agama ini, mengemban Risalah ini, sebagai bentuk mengikuti Risalah Rasulullah untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya Islam. 

﴿ويومئذٍ يفرحُ المؤمنونَ . بنصرِ اللـهِ﴾

Dan di hari (kemenangan) itu bergembiralah orang-orang yang beriman, karena pertolongan Allah. (Ar Ruum 4-5).[VM]
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Ramadhan Bulan Keutamaan & Kebaikan"