Kesepakatan Normalisasi Hubungan Turki-Israel Resmi Ditandatangani

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴
Turki-Israel
Turki dan Israel hari Selasa (28/6/2016) menandatangani kesepakatan rekonsiliasi guna memulihkan kembali hubungan kedua negara yang membeku selama 6 tahun.

Dilansir kantor berita resmi Anadolu, kesepakatan itu ditandatangani oleh Wakil Menteri Luar Negeri Turki Feridun Sinirlioglu di Ankara pada pukul 11 siang waktu setempat dalam sebuah pertemuan tertutup.
Sementara prosesi serupa juga dilakukan oleh Dore Gold, seorang dirjen dari Kementerian Luar Negeri Israel, di kota Yerusalem (Al-Quds), menurut keterangan kementerian.

Saat mengumumkan perihal normalisasi hubungan kedua negara hari Senin kemarin, PM Turki Binali Yildirim mengatakan bahwa Turki dan Israel akan kembali menunjuk dan mengirimkan duta besar masing-masing.

Menurut laporan Radio Israel, menteri-menteri urusan keamanan di kabinet direncanakan hari Rabu (29/6/20160 akan menyetujui kesepakatan itu, tetapi Naftali Bennett dan Ayelet Shaked –keduanya menteri dari partai kanan jauh HaBayit HaYehudi– mengatakan menolak kesepakatan tersebut.

Jika disetujui maka perjanjian itu akan dibawa ke parlemen Israel, Knesset, untuk disahkan.

Pada hari yang sama ketika Turki dan Israel mengumumkan perihal kesepakatan pemulihan hubungan kedua negara, Sekjen PBB Ban Ki-moon yang sedang berkunjung ke Tel Aviv memberikan komentarnya. Ban menyebut kesepakatan itu sebagai sinyal baik untuk stabilitas kawasan.

Jerman juga menyambut baik atas apa yang dilakukan oleh Turki dan Israel. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Martin Schaefer dalam sebuah konferensi pers di Berlin mengatakan rekonsiliasi itu akan membawa pengaruh positif bagi stabilitas kawasan.

“Rujuknya kedua negara penting ini, dua mitra karib Jerman, adalah kontribusi terhadap stabilitas di kawasan,” kata Schaefer.

“Kami berharap kesepakatan yang telah dicapai kemarin akan membawa pada perbaikan permanen dalam hubungan. Ada potensi besar kerja sama erat di antara kedua negara ini, baik dalam bidang ekonomi maupun politik,” imbuh Schaefer. [VM]

Sumber : HIDAYATULLAH
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Kesepakatan Normalisasi Hubungan Turki-Israel Resmi Ditandatangani"