Tokoh Kartun Curious George Perkenalkan Ramadhan Melalui Buku Terbaru

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

George, si monyet lucu yang selalu penasaran, kembali hadir bersama Pria Bertopi Kuning dalam buku terbaru Curious George. Buku terbaru yang ditujukan bagi anak-anak ini mengangkat tema Ramadhan dan memperkenalkan aktivitas Muslim selama menjalani ibadah di bulan suci.

Cerita yang ditulis oleh Hena Khan ini menceritakan perjalanan George dan Pria Betopi Kuning dalam mempelajari bulan suci ummat Islam, Ramadhan. Beberapa yang dipelajari kedua tokoh yang pernah menghiasi layar televisi di Indonesia ini antara lain berpuasa, shalat, serta bersedekah atau berbagi.

Menurut Khan, akan sangat baik bagi anak-anak, khususnya anak-anak kecil, untuk mengenal Ramadhan melalui tokoh yang sudah sangat melekat dan dicintai oleh anak-anak Amerika. Melalui karakter monyet lincah yang sudah menjadi ikon di Amerika selam 75 tahun ini, Khan mengajak anak-anak Muslim dan juga non Muslim untuk memahami konsep dan tradisi baru dari kebudayaan Islami.

Salah satu yang digambarkan dalam komik tersebut ialah bagaimana George 'menemani' bocah lelaki bernama Kareem yang baru mulai berpuasa. Kareem dan George kemudian dikisahkan berbuka puasa dengan pizza yang lezat dan juga beberapa hidangan manis lainnya.

Dalam satu adegan, George yang usil bahkan sempat digambarkan mengambil sepatu yang dilepas pengunjung masjid sebelum memasuki rumah ibada ummat Muslim tersebut. Pasalnya, George belum mengerti tentang tradisi melepas sepatu sebelum memasuki rumah ibadah dan mengira si pemilik sepatu telah membuang sepatu tersebut.

Meski memperkenalkan Ramadhan melalui karakter yang telah menjadi ikon anak-anak, Khan tetap berhati-hati agar buku yang ia tulis tidak menyinggung pihak mana pun. Salah satunya, Khan tidak menunjukkan apakah George melakukan shalat atau berpuasa di dalam masjid.

Melalui buku bertajuk It's Ramadhan Curious George ini, Khan juga ingin memperkenalkan bahwa ummat Islam sangat beragam. Tidak seperti yang selama ini diidentikkan dengan kata 'Muslim', Khan memperkenalkan bagaimana sehari-hari para Muslim hidup seperti halnya warga Amerika yang lain.

"Saya ingin menyampaikan pesan bahwa Muslim Amerika sama seperti warga Amerika pada umumnya. Beberapa dari kami memang keturunan dari imigran dan memiliki budaya serta makanan yang berbeda. Tetapi kami juga masih menyukai pizza dan burger seperti orang-orang," kata Khan seperti dilansir New York Daily News.

It's Ramadan Curious George bukan buku pertama di mana George melakukan perjalanan dan mengeksplorasi kebudayaan Muslim. Pada 2008 lalu, George pernah memperkenalkan Ramadhan melalui Night of the Moon: A Muslim Holiday Story. Kemudian pada 2015, George mengajak pembaca mengeksplorasi berbagai aspek tentang Islam dengan mewarnai melalui Golden Domes and Silver Lanterns: A Muslim Book of Colors.

Buku terbaru Curious George yang memperkenalkan Ramadhan ini diluncurkan pada 3 Mei lalu, sekitar satu bulan sebelum Ramadhan datang. Peluncuran buku ini mendapatkan banyak sambutan hangat dari banyak masyarakat.

Meski begitu, ada beberapa netizen yang merasa tidak suka atas peluncuran buku 'Islami' ala Curious George ini. Seorang netizen bahkan mengancam akan mengirimkan buku karangan Khan tersebut kepada Donald Trump, kandidat calon presiden Amerika dari Partai Republik yang terkenal dengan komentar anti Islamnya.

"Amat disayangkan, dengan banyaknya pidato anti Muslim yang dilontarkan beberapa saat ini, Saya secara mental telah mempersiapkan diri untuk itu (komentar kebencian)," kata Khan yang merupakan seorang penulis Muslim.

Meski begitu, Khan mengatakan bahwa bukunya bukan memperkenalkan bagaimana seharusnya mempraktikkan agama Islam kepada pembaca. Akan tetapi, buku ini lebih menonjolkan refleksi komunitas Muslim Amerika dalam kehidupan sehari-hari.

"Dan komunitas ini melingkupi orang-orang dari berbagai latar belakang dan ras, wanita yang menggunakan hijab dan tidak, dan Muslim yang berteman dengan teman non-Muslim serta membuka Masjid mereka untuk agama lain dan juga kegiatan amal. Itu realita," ungkap Khan. [VM]

Sumber : ROL, 12 Mei 2016
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Tokoh Kartun Curious George Perkenalkan Ramadhan Melalui Buku Terbaru"