Rusia Segera Mengirim Rudal Canggih S-300 ke Iran

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Kantor berita Rusia melaporkan bahwa Rusia akan memulai pengiriman pertama dari S-300 sistem rudal pertahanan udara ke Iran dalam beberapa hari mendatang.

"Saya tidak tahu apakah ini akan terjadi hari ini, tetapi mereka akan dikirim," kata pejabat Kementerian Luar Negeri Rusia Zamir Kabulov Selasa.

Moskow dan Teheran menandatangani kontrak untuk pengiriman lima set batalion sistem rudal pertahanan udara S-300PMU1 pada tahun 2007. Namun kesepakatan itu dibatalkan pada 2010 setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang melarang penjualan persenjataan berat ke Iran.

Kesepakatan itu dihidupkan kembali tahun lalu setelah Iran mencapai kesepakatan nuklir dengan kekuatan dunia, yang mana Rusia mempertahankan pencabutan larangan penjualan S-300.

Dilain pihak, Wakil Menteri Luar Negeri Thomas Shannon mengatakan kepada Senat Komite Hubungan Luar Negeri pada hari Selasa bahwa Rusia memenuhi komitmennya untuk tidak menjual peralatan rudal-balistik kepada Iran.

Dia mengatakan Amerika Serikat akan menggunakan hak veto PBB untuk memblokir setiap penjualan Su-30 pesawat tempur Rusia ke Iran.

Namun, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, pihaknya belum mengajukan proposal untuk penjualan pesawat tersebut kepada PBB. [VM]

Sumber : Worldbulletin, 6 April 2016
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Rusia Segera Mengirim Rudal Canggih S-300 ke Iran"