Tujuh Pilkada Jateng senilai Rp187,2 miliar

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Anggaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak di tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng) pada Februari 2017 mencapai Rp187,2 miliar, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Joko Purnomo.

"Pilkada Kota Salatiga dianggarkan Rp7,5 miliar, Banjarnegara Rp20 miliar, Batang Rp25 miliar, Jepara Rp30 miliar, Pati Rp29,7 miliar, Cilacap Rp35 miliar, dan Brebes Rp35 miliar," katanya di Semarang, Minggu.

Joko menjelaskan, anggaran pilkada 2017 tersebut sudah disiapkan oleh masing-masing pemerintah kabupaten/kota, namun rincian penggunaannya masih menunggu KPU Pusat.

Selain itu, ia mengemukakan, naskah perjanjian hibah daerah juga masih menunggu seluruh tahapan pilkada disahkan.

Ia mengungkapkan bahwa rencana dilakukannya uji publik terhadap anggaran pelaksanaan pilkada serentak 2017 di tujuh kabupaten/kota itu untuk kepentingan transparansi dan mengetahui kebutuhan riil di lapangan.

"Selain untuk keterbukaan, uji publik anggaran tujuh pilkada ini juga sebagai wahana pendidikan politik kepada masyarakat," ujarnya.

Menurut Joko, tahapan pilkada 2017 saat ini masih dalam pembahasan oleh jajaran KPU Pusat.

"Setelah selesai dibahas secara internal, tahapan pilkada 2017 akan dikonsultasikan dengan DPR RI sebelum disahkan," katanya.

Pada 2017 nanti, ada tujuh kabupaten/kota di Jateng yang akan menyelenggarakan pilkada secara serentak terkait dengan akhir masa jabatan kepala daerah setempat.

Ketujuh daerah di Jateng yang akan menggelar pilkada serentak pada 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes. [VM]

Sumber : AntaraNews, 13 Maret 2016
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Tujuh Pilkada Jateng senilai Rp187,2 miliar"