Prajurit PBB yang Terlibat 69 Tuduhan Pemerkosaan, Hanya Dipulangkan

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Alih-alih melindungi rakyat dan menjaga perdamaian , tentara PBB malah a terlibat dalam pemerkosaan. Dan ironisnya, pelakunya hanya dipulangkan dan diserahkan kepada negara masing-masing.

Sebagaimana yang dilaporkan BBC online (12/3), Dewan Keamanan PBB mengesahkan resolusi yang menyerukan pemulangan pasukan penjaga perdamaian yang dituding melakukan pelecehan seksual.

Resolusi ini adalah yang pertama yang disahkan oleh Dewan Keamanan dalam mengatasi tudingan pelecehan seks yang dilakukan pasukan penjaga perdamaian.

Tahun lalu terdapat 69 tuduhan pemerkosaan anak dan pelanggaran seksual lainnya oleh penjaga perdamaian dalam 10 misi. Jumlah itu meningkat dari 52 kasus pada tahun 2014.

Tuduhan itu tertuju pada personil militer, polisi internasional, staf lain, dan relawan.

Berdasarkan aturan PBB, penyelidikan dan tuntutan terhadap setiap prajurit yang dituding melakukan pelanggaran pidana saat menjalankan tugas PBB, diserahkan kepada negara masing-masing.

Tapi PBB dikecam karena sangat lamban dalam bertindak menangani tudingan-tudingan kejahatan seksual yang dilakukan personilnya.

Agustus lalu, utusan PBB untuk Republik Afrika Barat, Babacar Gaye, dipecat terkait berbagai tudingan kejahatan seksual oleh para prajurit PBB.

Itu terjadi setelah Amnesty International menyebut, seorang gadis 12 tahun diperkosa oleh seorang prajurit penjaga perdamaian PBB.

Pasukan PBB berkekuatan 10.000 yang ditempatkan di negeri itu sejak tahun 2004 untuk membantu memulihkan ketertiban, juga dituding terlibat dalam berbagai perkosaaan terhadap anak-anak jalanan.

Desember lalu, sebuah panel independen menyebut penyelidikan yang dilakukan PBB untuk kasus-kasus di Republik Afrika Tengah, ‘cacat berat,’ dan merupakan ‘kegagalan internasional luar biasa.’

Panel itu menuding sejumlah pejabat tinggim PBB menyalahgunakan kewenangan mereka dengan tidak mengambil tindakan terhadap tuduhan kejahatan seksual yang dilakukan serdadu dari Prancis, Guinea Katulistiwa dan Chad (AF) [VM]

Sumber : Web HTI, 13 Maret 2016
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Prajurit PBB yang Terlibat 69 Tuduhan Pemerkosaan, Hanya Dipulangkan"