Kenapa Orang Suriah Tidak Mengungsi ke Negara Teluk yang Kaya?

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴
"Kenapa kamu tak mengizinkan mereka masuk? Dasar orang-orang tak sopan!?"
kartun yang menyindir pemerintah negara Teluk
Seiring krisis pengungsi Suriah yang berusaha memasuki negara Eropa, pertanyaan muncul mengapa mereka tidak menuju negara Teluk yang kaya dan lebih dekat jaraknya?

Selama bertahun-tahun mereka menyeberang ke Lebanon, Yordania dan Turki, tetapi hampir tidak ada yang ke negara-negara Teluk.

Secara resmi, warga Suriah bisa melamar visa turis atau izin kerja untuk masuk ke negara Teluk tapi biayanya amat mahal. Juga ada aturan tak tertulis yang membatasi warga Suriah untuk mendapat visa.

Kemakmuran dan kedekatan negara Teluk dengan Suriah kini telah menimbulkan banyak pertanyaan soal apakah mereka punya kewajiban lebih besar ketimbang negara-negara Eropa terhadap bangsa Suriah yang mengalami kesengsaraan dalam konflik berkepanjangan di negaranya.

Pertanyaan ini muncul dalam hashtag #Welcoming_Syria's_refugees_is_a_Gulf_duty di Twitter berbahasa Arab, digunakan sebanyak 33.000 kali pekan lalu.

Para pengguna Twitter memasang foto untuk menggambarkan kesengsaraan pengungsi Suriah, dengan gambar para korban yang tenggelam, anak-anak yang dibawa masuk melalui di pagar kawat berduri atau keluarga yang tidur seadanya.

Sebuah laman Facebook bernama The Syrian Community in Denmark berbagi video menggambarkan pengungsi yang diperbolehkan masuk Austria lewat Hongaria, membuat pengguna lain bertanya, "Bagaimana mereka kabur dari wilayah saudara-saudara kita sesama Muslim, yang seharusnya lebih bertanggungjawab, ketimbang ke negara-negara yang mereka sebut sebagai 'negara kafir'?"

Pengguna lain menjawab, "Saya bersumpah atas nama Allah yang Maha Perkasa, orang-orang Arab itulah yang kafir."

Harian Makkah menerbitkan kartun -disebarkan juga lewat media sosial- memperlihatkan seorang pria berbaju tradisional dari negara Teluk, melihat ke sebuah pintu berpagar kawat berduri dan menunjuk pintu lain berbendera EU sambil berkata:

"Kenapa kamu tak mengizinkan mereka masuk? Dasar orang-orang tidak sopan!?"

Jelas kartun ini menyindir keras sikap pemerintah negara-negara Teluk.

Namun sekalipun banyak seruan di media sosial, negara-negara Teluk tampaknya sulit berubah untuk menolong pengungsi Suriah ini. [www.visimuslim.com]

Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Kenapa Orang Suriah Tidak Mengungsi ke Negara Teluk yang Kaya?"