Gereja Episkopal AS Izinkan Pemberkatan Pernikahan Sesama Jenis

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Salah satu gereja ternama di Amerika Serikat, Gereja Episkopal mengizinkan pemberkatan pernikahan bagi pasangan sesama jenis. Ini dilakukan setelah Mahkamah Agung AS melegalkan pernikahan sesama jenis di seluruh negara bagian AS.

"Mengingat hukum negara telah mengizinkan, Canons (sebutan untuk pendeta) sekarang mengizinkan semua pasangan untuk menikah di TEC," demikian pengumuman Gereja Episkopal via akun Twitter resminya, seperti dilansir AFP, Kamis (2/6/2015). TEC merupakan kependekan dari The Episcopal Church. 

Pengumuman ini disampaikan saat para petinggi TEC tengah menggelar konvensi besar-besaran di Utah. Dalam konvensi itu, digelar voting untuk menentukan apakah TEC bisa mengizinkan pemberkatan pernikahan pasangan sesama jenis di gereja-gerejanya yang tersebar di AS.

Voting tersebut menanggapi putusan bersejarah Mahkamah Agung AS pada Jumat (26/6) lalu, yang memerintahkan 50 negara bagian AS untuk mengakui dan melegalkan pernikahan sesama jenis. 

Kebijakan baru Gereja Episkopal ini menjadikannya sebagai salah satu gereja di AS yang mengakui pasangan sesama jenis secara terang-terangan. Kendati demikian, pihak gereja membolehkan pendetanya untuk menolak menikahkan pasangan sesama jenis, jika memang tidak bersedia. 

Gereja Episkopal merupakan salah satu cabang Komuni Anglikan yang memiliki 80 juta jemaat di seluruh dunia. Gereja ini merupakan salah satu dari sekian banyak denominasi gereja di AS dan sering menyebut diri sebagai gereja reformasi yang ada di tengah-tengah Kristen Protestan dan Katolik.

Gereja Episkopal memiliki banyak gereja yang tersebar di wilayah AS serta memiliki daerah keuskupan di Taiwan, Micronesia, Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, maupun wilayah Eropa. Pada Sabtu (27/6), gereja ini memilih Uskup Michael Curry sebagai pemimpin barunya sekaligus menjadikannya sebagai pemimpin keturunan Afrika-Amerika pertama di gereja ini. (nvc/ita) [www.visimuslim.com]

Sumber : Detik, 2 Juli 2015
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Gereja Episkopal AS Izinkan Pemberkatan Pernikahan Sesama Jenis"