Di Bawah Tanah Hingga Langit RI 'Tersembunyi' Sumber Energi

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴
Ilustrasi
Kementerian ESDM mengungkapkan bahwa Indonesia sangat kaya akan sumber energi baru dan terbarukan, mulai dari bawah permukaan bumi hingga di atas langit. Kekayaan sumber energi ini merupakan anugerah yang tidak didapat oleh semua negara. Energi tersembunyi sayang belum termanfaatkan dengan optimal.

"Di dalam bumi ada panas bumi, naik ke permukaan sedikit ada air, naik lagi ada angin, ada lagi yang lebih ke atas ada matahari. Jadi dari dalam bumi hingga atas langit kita punya semua," kata Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulyana, dalam diskusi Energius Day 2015 di Umar Ismail Hall Theatre, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Rida mengungkapkan, Indonesia masih terkendalan teknologi untuk menggali sumber-sumber energi yang tersembunyi. 

"Sampai saat ini teknologinya masih diimpor. Ini suatu tantangan," tukasnya.

Rida juga mengaku prihatin dengan kondisi energi di Indonesia saat ini. Sebab, meski kaya akan sumber-sumber energi ramah lingkungan, nyatanya Indonesia masih mengandalkan sumber-sumber energi fosil, terutama minyak bumi, yang tidak ramah lingkungan dan juga sebagian masih impor.

Akibat ketergantungan pada energi impor ini, sambungnya, kedaulatan negara terancam. Rida menyebut kondisi ini sebagai krisis energi. 

"Sekarang kita sudah impor dari luar negeri. Makin hari impornya makin besar. Kemandirian kita sangat ditentukan orang luar. Ketergantungan pada impor sangat tinggi, masak kita mau diatur Singapura? Itu boleh dikatakan sebagai krisis," ujarnya.

Untuk mewujudkan kemandirian energi dan kedaulatan negara, Rida meminta generasi muda Indonesia mengembangkan teknologi untuk menggarap potensi energi terbarukan yang jumlahnya tak terbatas di Indonesia.

"Ini suatu tantangan. Tapi kita harus bisa agar Indonesia jaya," pungkasnya. [www.visimuslim.com]

Sumber : Detik Finance, 14 Agustus 2015

Komentar :

Tapi sayang kekayaan-kekayaan tersebut banyak dikuasai asing dan lagi-lagi rakyat yang jadi korban. Ganti Rezim, Ganti Sistem. Terapkan Syariah di bawah naungan Khilafah Islamiyah !. 
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Di Bawah Tanah Hingga Langit RI 'Tersembunyi' Sumber Energi"