Waspada, Makanan-makanan Ini yang Berubah jadi 'Racun' Jika Dipanaskan

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Seringkali ada banyak makanan sisa dari apa yang Anda santap hari ini. Ah, kalau dibuang, sayang. Akhirnya, semua makanan-makanan ini disimpan di dalam lemari es agar tak cepat basi. 

Namun, nantinya makanan ini akan dihangatkan agar bisa disantap kembali. Jika dulu biasanya orang-orang biasa menghangatkan makanan dengan panci atau penggorengan di atas kompor, saat ini caranya jauh lebih praktis. Ibu rumah tangga menghangatkan makanan dengan menggunakan microvawe. 

Mungkin makanan yang sudah dipanaskan tak ada perubahan rasa. Hanya saja, Anda mungkin tak tahu bahwa makanan yang selalu dihangatkan punya bahaya kesehatan yang mungkin mengintai. Tentunya ini sudah dikurangi dengan bahaya kehilangan nilai gizi. 

Makanan yang dihangatkan bisa saja memicu timbulnya kanker. Beberapa makanan mungkin tak masalah jika dipanaskan, namun beberapa makanan bisa jadi memancing bahaya. Mengutip Boldsky, berikut makanan-makanan yang tidak dianjurkan untuk dihangatkan kembali. 

1. Ayam
Sangat berbahaya jika Anda menghangatkan kembali masakan ayam dan kemudian memakannya. Protein yang ada di dalam ayam akan berubah komposisi. Akibatnya, Anda akan mengalami masalah pencernaan. 

2. Kentang
Kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun jika Anda menyimpan kentang dalam waktu lama, mereka akan kehilangan nilai gizinya. Bahkan kentang juga bisa menyebabkan masalah pencernaan jika Anda menghangatkannya kembali. 

3. Jamur
Jamur seharusnya disantap segar dan tak boleh dihangatkan. Komposisi dari protein dari jamur akan berubah dan bisa jadi punya efek yang sangat berbahaya. 

4. Telur
Protein dalam telur akan hilang ketika Anda menghangatkan telur. Bahkan telur bisa berubah jadi racun dan menyebabkan masalah pencernaan jika Anda tak mengonsumsinya segar.

5. Bayam
Kalau sayuran hijau yang ini, Anda mungkin sudah tahu. Sayur bayam bisa sangat berbahaya jika dipanaskan. Salah-salah, sayuran ini akan menyebabkan kanker. Kandungan nitrat di dalamnya akan berubah menjadi nitrit ketika dipanaskan. Nitrit inilah yang menyebabkan kanker. 

6. Seledri
Kandungan seledri sama seperti bayam. Jika dipanaskan, kandungan nitrit setelah dipanaskan akan berbahaya.


Sumber : CNN Indonesia, 23/07/2015
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Waspada, Makanan-makanan Ini yang Berubah jadi 'Racun' Jika Dipanaskan"