Jumlah Pengungsi Resmi Suriah Tembus Angka 4 Juta

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Saat ini terdapat lebih dari 4 juta orang yang tercatat secara resmi sebagai pengungsi akibt konflik di Suriah. Perserikatan Bangsa-Bangsa dan lembaga-lembaga lainnya beroperasi hanya dengan seperempat dana dari yang diperlukan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka.

Lebih dari 1,8 juta orang Suriah mencari perlindungan di negara tetangga Turki yang memiliki wilayah luas. Sementara di negara mungil Libanon terdapat 1,1 juta pengungsi Suriah. Separuh lainnya tersebar di Yordania, Iraq, Mesir dan negara-negara Afrika Utara. Sebagian kecil mencari suaka di Eropa.

Meskipun Turki menampung lebih banyak pengungsi di banding negara lainnya dan telah membangun cukup banyak kamp pengungsian, tetapi hanya sekitar 280.000 jiwa yang tinggal di 25 kamp pengungsian. Kamp-kamp pengungsian itu terdapat di Oncupinar, dekat Kilis, di selatan Turki. Sebuah kamp lain, yang akan menampung 55.000 pengungsi, sedang dalam proses pembangunan.

Dengan keberadaan pengungsi Suriah, sekarang di Libanon satu dari setiap empat orang di sana adalah pengungsia asal Suriah. Artinya, seperempat orang yang bermukim di Libanon sekarang adalah pengungsi Suriah. Untuk meredam gelombang pengungsi, agar tidak melewati kapasitas tampung negaranya yang kecil, Libanon sekarang menerapkan keharusan visa bagi orang-orang yang datang dari Suriah. PBB mengatakan kondisi lebih dari setengah pengungsi di negara itu di bawah standar.

Yordania menampung lebih dari 600.000 pengungsi Suriah. Menurut lembaga PBB yang mengurus masalah pengungsi, UNHCR, sembilan persepuluh dari mereka hidup dengan uang kurang dari tiga euro perhari. Akibat kemiskinan yang menyelimutinya, banyak anak-anak pengungsi yang terpaksa bekerja menjadi buruh, mengemis atau dinikahi dalam usia belia.

PBB memperkirakan 7.600.000 orang tidak memiliki tempat tinggaldi dalam negeri Suriah. Sementara 270.000 orang mengajukan suaka ke negara-negara Eropa.

Di luar Timur Tengah, negara yang paling banyak menerima pengungsi Suriah adalah Swedia. Negara-negara anggota Uni Eropa tahun ini berkomitmen menerima 60.000 pengungsi, yang mana 40.000 di antaranya adalah pngungsi Suriah dan Eritrea, lapor Euronews (9/7/2015). [www.visimuslim.com

Sumber : Hidayatullah, 10 Juli 2015
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Jumlah Pengungsi Resmi Suriah Tembus Angka 4 Juta"