UU Perkawinan Sesama Jenis Usulan Partai Buruh Australia, “Suami-Istri” diganti “Pasangan”

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴
Perkawinan SEJENIS, mengganti istilah "suami-istri' dengan "pasangan"
Hari Senin (01/06/2015), Partai Buruh Australia, berencana memperkenalkan Undang-undang Kesetaraan Perkawinan ke senat.

UU ini mencakup sejumlah perubahan istilah dalam perkawinan, diantaranya kata ‘isteri’ dan ‘suami’  akan digantikan dengan kata “pasangan/partner”.

Undang-undang ini juga berusaha memberikan pengakuan bagi perkawinan sesama jenis yang dilakukan di luar negeri.

Selain itu UU ini juga mengatakan pendeta atau pimpinan agama dan tamu perkawinan tidak dipaksa untuk menghadiri pesta perkawinan jika pasangan yang menikah adalah pasangan sesama jenis.

Jika UU ini berhasil disetujui senat, maka UU ini akan efektif menggantikan perubahan UU Perkawinan disahkan oleh pemerintahan Howard pada tahun 2004, yang dimasukkan definisi perkawinan sebagai “penyatuan seorang pria dan seorang wanita, dengan mengecualikan semua orang lain, secara sukarela disatukan selama seumur hidup”.

Perdebatan mengenai UU Kesetaraan Perkawinan ini mencuat setelah referendum di Irlandia akhir pekan lalu yang hasilnya dimenangkan dengan kelompok warga yang mendukung kesetaraan perkawinan.

Anggota parlemen koalisi mengecam keputusan Partai Buruh yang memperkenalkan UU ini sebagai  “hal yang sinis” dan menggambarkannya sebagai upaya politis dalam mencari kesempatan terhadap isu yang masih dipertentangkan ini, demikian dikuti Radio ABC, Australia.

Untuk bisa lolos di kamar bawah, UU yang diperkenalkan oleh Shorten ini perlu dukungan dari sejumlah anggota dari Partai Koalisi, namun hingga kini sidang di Partai Liberal belum membahas apakah akan memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk memberikan pilihan sesuai hati nuraninya mengenai isu perkawinan sesama jenis ini.

Isi dari UU yang diajukan oleh Partai Buruh ini identik dengan UU yang pernah disampaikan oleh Senator dari Partai Hijau, Sarah Hanson-Young di Senat pada tahun 2013 lalu.

Sementara itu hari ini sejumlah surat kabar nasional di Australia hari ini memajang iklan berukuran satu halaman penuh dari sejumlah pebisnis Australia yang menyuarakan dukungan mereka pada Kesetaraan Pernikahaan.

Diantara perusahaan yang ikut serta dalam iklan dukungan itu adalah Google, Qantas, dan organisasi seperti Federasi Sepak Bola Australia.

Pagi ini jugam Anggota parlemen Koalisi, Warren Entsch — yang mendukung kuat perkawinan sesama jenis – mengatakan sejumlah anggota parlemen dari Partai Buruh dan Partai Hijau bersedia memberikan dukungan pada UU perkawinan sesama jenis ini.

“Saya sudah berbicara dengan sejumlah anggota parlemen dari berbagai partai dan juga dari kalangan independen dan semuanya sepakat akan membubuhkan nama dan tandatangan mereka untuk mendukung UU tersebut.”

“Sekarang hanya tinggal finalisasi saja.”

Entsch mengatakan dia berupaya mencari solusi lintas partai dan berharap Rancangan UU perkawinan sesama jenis ini akan rampung Agustus mendatang.

Awal pekan ini PM Tony Abbott beralasan langkah apapun terkait perkawinan sesama jenis harus dilakukan secara bipartisan dan sepenuhnya ditentukan di parlemen. [www.visimuslim.com]

Sumber : Hidayatullah.com, 31 Mei 2015
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "UU Perkawinan Sesama Jenis Usulan Partai Buruh Australia, “Suami-Istri” diganti “Pasangan”"