Pengen Kenyang Lebih Lama, Konsumsi Buah-buahan Ini Saat Sahur!

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Jika Anda tak ingin merasa cepat lapar saat menjalani puasa, mengkonsumsi jenis buah tertentu saat sahur ternyata bisa menjadi solusi. Pasalnya, kadar serat pada buah akan dicerna tubuh dalam waktu yang lama dan memiliki cukup kadar gula sehingga tubuh tidak lemas.

Seperti dilansir dari Antara, Dr Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt ahli fisiologi dan pemerhati gaya hidup lulusan Universitas Tubingen Jerman, menjelaskan beberapa jenis buah terbaik untuk sahur juga berbuka puasa.

Pisang

Grace mengemukakan pisang memiliki angka potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat (indeks glikemik) yang rendah yang membuat gula darah naik bertahap dan bertahan selama berpuasa sehingga tubuh tidak cepat lemas.

“Pisang mengenyangkan dan seratnya banyak. Pisang juga memperbaiki mood karena memiliki banyak vitamin B6 yang menghasilkan serotonin seperti cokelat,” kata Grace dalam diskusi “Bersama Sunpride Mendorong Masyarakat Meningkatkan Konsumsi Buah” di Jakarta.

Selain itu, pisang juga memiliki kandungan potasium yang baik untuk pembuluh darah serta kadar antioksidan. Grace menyarankan mengkonsumsi pisang dicampur makanan berprotein yang berbahan gandum baik untuk sahur.

Jambu biji

Mengonsumsi jambu biji saat sahur bisa menjaga tubuh tidak cepat kehilangan cairan atau merasa haus karena buah itu mengikat cairan tubuh atau elektrolit.

“Guava juga punya kandungan lycopen untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak,” kata lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang itu.

Jambu biji akan mengenyangkan lebih lama jika dimakan secara langsung daripada dijus.

Nanas

Selain memiliki kandungan air yang banyak dan memberikan rasa kenyang yang bertahan lama, nanas ternyata mengandung bromelain yang mampu memecah protein dan meredakan radang.

“Nanas bisa melawan sakit tenggorokan dan memudahkan buang air besar selama berpuasa dan untuk sehari-hari,” katanya.

Selain buah, Grace juga memaparkan mengonsumsi nasi merah saat sahur bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

“Nasi merah itu masih ada kulitnya, lebih alot dari nasi putih sehingga dicernanya lebih lama di lambung,” kata Grace. “Nasi merah juga membuat gula darah naik bertahap dan tidak mudah turun.”

Tidak hanya buah, Grace juga mengatakan memakan yogurt saat sahur aman untuk kesehatan lambung.

Namun Grace menyarankan untuk tetap mengonsumsi makanan berprotein seperti telur dan daging saat sahur untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak.

Berbuka puasa

Setelah sahur dengan buah yang cukup, untuk yang berpuasa disarankan berbuka dengan buah-buahan yang memiliki kandungan air dan memiliki rasa manis.

“Buah yang bagus untuk berbuka itu yang banyak memiliki kandungan air seperti semangka, melon, mangga dan jeruk,” kata Grace

Stroberi, kurma, anggur, dan nanas juga baik untuk berbuka, kata Grace, karena rasa manis akan menaikkan gula darah setelah seharian berpuasa.

Grace menyarankan memberikan jeda waktu 30 menit setelah berbuka jika ingin makan sepiring nasi supaya pencernaan tidak “kaget”.

“Istirahat 30 menit kemudian makan nasi yang didampingi protein dan sayur karena buka puasa perut butuh adaptasi. Jangan makan teralu dingin karena lambung bisa keram,” katanya. [www.visimuslim.com]

Sumber : AntaraNews
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Pengen Kenyang Lebih Lama, Konsumsi Buah-buahan Ini Saat Sahur!"