5 Tips Agar Bau Mulut Tidak Menyengat Saat Puasa

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴

Bau mulut saat puasa merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh oleh kebanyakan orang, bahkan bau mulut yang timbul ketika kita berpuasa bisa lebih menyengat daripada biasanya sehingga dapat membuat seseorang tidak nyaman ketika berada dan berbicara didekat kita.

Pada saat kita berpuasa maka tidak ada makanan maupun minuman yang masuk sehingga membuat mulut kekeringan karena kurangnya cairan ludah atau saliva. Nah, kurangnya cairan ludah di dalam mulut ini bisa membuat bakteri berkembang lebih cepat sehingga bisa menimbulkan bau mulut.

Namun walaupun demikian bukan berarti kita tidak bisa mengatasi bau mulut saat berpuasa, kita bisa menyiasati hal ini dengan beberapa cara berikut. Penasaran? Mari kita simak tulisan di bawah ini. 

1. Konsumsi Air 8 Gelas Sehari
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan bahwa tubuh tidak kekurangan cairan, setidaknya mengkonsumsi 8 gelas air sehari.  Semua sudah pasti tahu bahwa saat kita berpuasa dilarang untuk makan dan minum disiang hari sehingga untuk mengatasi hal ini kita perlu mengikuti pola 2+4+2  dalam mengkonsumsi air agar asupan cairan didalam tubuh tetap terpenuhi.

Pola 2+4+2 ini adalah kita diharuskan mengkonsumsi air putih sebanyak dua gelas saat berbuka lalu empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan dua gelas saat sahur. Jika anda mengikuti pola tersebut maka selain bisa menjaga tubu tetap sehat tetapi juga bisa mengatasi masalah bau mulut

2. Menggosok Gigi 
Jika biasanya kita menggosok gigi pada saat pagi hari dan malam hari maka ketika kita menjalani ibadah puasa maka tentu saja kebiasaan tersebut juga harus disesuaikan karena menggosok gigi saat kita sedang berpuasa dianggap makruh. Nah, agar mulut tetap segar dan terhindar dari bau mulut di bulan puasa maka gosoklah gigi setelah buka dan sehabisa sahur atau juga bisa ditambah dengan menggosok gigi sebelum tidur malam. Untuk hasil maksimal maka gunakan juga mouthwash, namun cukup 2 kali seminggu saja karena terlalu sering menggunakan mouthwash bisa membuat mulut menjadi kering

3. Mengkonsumsi Buah dan Sayur
Salah satu cara ampuh untuk mengatasi dan mencegah bau mulut saat berpuasa adalah rajin mengkonsumsi sayur dan buahan saat berbuka maupun sahur karena hal ini bisa membantu meningkatkan produksi air liur didalam mulut sehingga bisa mengurangi bau mulut. Sekedar tambahan, pilihlah buah apel dan strawberry namun jika tidak ada buahan lain juga tidak masalah.

4. Hindari Rokok
Merokok merupakan salah satu penyebab bau mulut sehingga ketika dibulan puasa sebisa mungkin untuk sementara hindari rokok. Selain itu, bagi Anda yang ingin mencegah kulit keriput di usia muda maka jauhi rokok dan alkohol.

5. Hindari Makanan Yang Menyengat
Dan yang terakhir adalah kita harus menghindari makanan yang menyengat seperti bawang putih atau bawang merah agar napas tetap segar saat berpuasa. Jika Anda tak bisa menghindari makanan tersebut maka sebaiknya langsung menggosok gigi sehabis mengkonsumsinya atau bisa juga mengunyah beras karena cara ini terbilang ampuh untuk mengurangi bau mulut secara alami.

Nah itulah 5 tips agar bau mulut tidak menyengat saat puasa sehingga Anda tetap percaya diri dan orang disekitarpun merasa nyaman ketika berbicara didekat anda. [www.visimuslim.com]

Sumber : Liputan6
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "5 Tips Agar Bau Mulut Tidak Menyengat Saat Puasa"