Tambang Bawah Tanah Freeport Punya Panjang Setara Jarak Jakarta-Solo

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴
PT Freepot Indonesia memiliki ikon tambang terbuka (open pit) Grasberg. Namun perusahaan yang berkantor pusat di Amerika Serikat ini juga memiliki sejumlah tambang bawah tanah.

ilustrasi
Tambang bawah tanah tersebut terletak di bawah Grasberg. Ada 5 tambang bawah tanah, yaitu Grasberg Block Cave, Kucing Liar, Big Gossan, DMLZ, dan DOZ.

Akhir pekan lalu, detikFinance berkesempatan untuk menengok tambang bawah tanah yang dioperasikan Freeport Indonesia. Di tambang bawah tanah tersebut, suhu udara cukup dingin yaitu sekitar 15-16 derajat celcius.

Anton Priatna,Underground Engineer Freeport Indonesia, menyebutkan terowongan di tambang bawah tanah tersebut cukup panjang. Total panjangnya mencapai 450 km.

“Di seluruh sini, ada sekitar 450 km yang sudah dibangun. Bentuknya bertingkat-tingkat,” kata Anton.

Bila diluruskan, jarak terowongan tersebut kira-kira sama dengan Jakarta ke Surakarta/Solo (Jawa Tengah) yang notabene kota kelahiran Presiden Joko Widodo. “Tapi ini bertingkat dan melingkar-lingkar,” ujar Anton.

Menurut Anton, yang membanggakan adalah tambang bawah tanah Freeport kebanyakan dirancang dan dibangun oleh orang-orang Indonesia.

“Kebanyakan orang Indonesia yang membangun. Bagi saya ini membanggakan,” tuturnya.
(hds/ang) [www.visimuslim.com]

Sumber : DetikFinance, 19/02/2015
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Tambang Bawah Tanah Freeport Punya Panjang Setara Jarak Jakarta-Solo"