Penanaman Akidah Sangat Penting dalam Mendidik Anak

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴
Orang tua merupakan pihak yang berperan penting dalam mendidik, membina dan mengasuh anak. Sebab, anak merupakan amanah yang perlu diperlakukan sebaik mungkin oleh para orang tua. Karena itu orang tua harus memberikan ekstra perhatian dalam mendidik anaknya.

ilustrasi
Juru Bicara Muslimah Hizbu Tahrir Indonesia (HTI), Iffah Ainur mengatakan ada lima hal yang perlu dilakukan orang tua dalam mendidik anak. Hal ini sangat perlu dilakukan orang tua mengingat gempuran zaman yang semakin kuat menggoda anak untuk melakukan hal yang negatif.

“Pertama, penanaman akidah atau keimanan,” ungkap Iffah. Menurutnya, penanaman akidah sangat penting dalam mendidik anak. Dengan keimanan yang ditanam pada diri anak diharapkan bisa menjadi kontrol sang anak saat beraktivitas di mana pun dan kapan pun.


Kemudian, penjelasan mengenai hukum syariat. Iffah tidak memungkiri bahwa ada beberapa orang tua yang tidak memahami benar mengenai hal itu. Sehingga, para orang tua lebih percaya untuk menyerahkan anaknya ke sekolah-sekolah untuk mengurus dan memberikan pengetahuan anaknya mengenai hukum syariat.

Padahal, menurut Iffah, sekolah hanya memberikan materi seperti ibadah-ibadah harian. Misalnya, cara shalat, wudhu dan lain-lain. Sedangkan, dia melanjutkan, permasalahan pergaulan dengan lawan jenis kurang diajarkan di sekolah.

“Itulah tanggung jawab orang tua untuk memberikan penjelasan cara bergaul secara Islam,” jelas Iffah.

Selanjutnya, orang tua harus mampu menjadi panutan yang baik untuk sang anak. Menurut Iffah, orangtua harus bisa memberikan teladan bagi sang anak dalam hal apapun. Orang tua pun diharapkan tidak memberikan contoh yang buruk bagi sang buah hati.

“Didiklah anak sesuai dengan zaman mereka, bukan zaman kita,” ungkap Iffah. Menurut Iffah, konsep selalu update mengenai fenomena saat ini sangat dibutuhkan dalam rangka mendidik anak. Jadi, para orang tua harus bisa menyesuaikan diri dengan zaman yang dilalui anak.

Kemudian, hal yang terakhir yang perlu dilakukan dalam mendidik anak secara Islam, yakni pendidikan bagi ayah dan ibu. Menurut Iffah, pemerintah perlu menyediakan pendidikan non-formal bagi orang tua tentang cara mendidik anak. Terutama, dia menambahkan, pendidikan anak secara Islam. [www.visimuslim.com]

Sumber : ROL, 11/02/2015
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Penanaman Akidah Sangat Penting dalam Mendidik Anak"