Ingin Diberi Bantuan, Muslim Patani Minta Disalurkan ke Suriah Saja

Laporkan iklan tak layak ⤴
Laporkan iklan tak layak ⤴
Meski hidup dalam ketertindasan, warga muslim Patani ternyata tidak pernah melupakan penderitaan saudaranya.

Walau hingga kini konflik di Patani terus berlangsung, warga Patani masih sempat berpikir meringankan beban muslim Suriah.

Muslim Pattani
Demikian dikatakan anggota Jurnalis Islam Bersatu (JITU), Muhammad Pizaro, di hadapan para da’i di Mahad Utsman Bin Affan, saat menceritakan pengalamannya mengunjungi Patani, Thailand Selatan.

Pizaro menjelaskan, setiap hari ada saja warga yang gugur. Beberapa pesantren ditutup. Kitab-kitab mereka dibakar. Bahkan pada tahun 2009, jamaah Masjid Al Furqon ditembak ketika shalat Isya.

“Orang-orang menjuluki Patani sebagai Gaza-nya Asia Tenggara di samping Rohingya,” ujar Redaktur Pelaksana Islampos.com ini.

Hingga kini, konflik antara Muslim Patani dan tentara terus berlangsung. Rata-rata tiap satu hari ada dua orang warga yang syahid. Sedangkan banyak muslimah dilecehkan.

“Beberapa muslimah Patani biasa ‘tidur’ dengan pisau. Senjata tajam itu dipakai sebagai persiapan jika tentara Thailand datang untuk memperkosa mereka,” terang penulis novel pemikiran Islam The Brain Charger ini.

Namun menariknya, ketika Pizaro bersama LSM dari Malaysia berniat menggalang bantuan kemanusiaan, warga Patani menolaknya secara halus.

Di antara mereka mengatakan, rakyat Suriah lebih membutuhkan uluran tangan kaum muslimin. Sudah 250.000 warga Suriah meninggal dunia akibat kekejaman rezim Bashar. PBB menyebutnya sebagai tragedi kemanusiaan abad ini.

Benar saja, saat itu warga Patani tengah menggalang bantuan kemanusiaan untuk Suriah. Dalam satu bulan, mereka berhasil mengumpulkan dana Rp 1,5 miliar.

“Bantuan ditampung dalam 6 buah kontainer yang disalurkan melalui Turki,” terangnya yang tidak menyangka besarnya solidaritas warga Patani.

“Padahal mereka sendiri hidup menderita,” ucap Pizaro.

Patani adalah sebutan umum untuk daerah berbasis muslim yang dihuni 1.8 juta jiwa. Terdiri dari empat provinsi di Thailand Selatan, yakni Narathiwat, Yala, Patani, dan Songkhla. /Kiriman Rosyid
Laporkan iklan tak layak ⤴

BACA JUGA :

Daftarkan Email Anda dan Dapatkan Update Terbaru Kami:

0 Response to "Ingin Diberi Bantuan, Muslim Patani Minta Disalurkan ke Suriah Saja"